• Breaking News

    pembahasaan tentang tips kesehatan dan bergam cara diet, penyakit atupun hal - hal yang berkaitan dengan kesehatan dan cara hidup sehat

    Thursday 30 June 2016

    Cara Menghilangkan Ngantuk Yang Berlebihan

    Cara Menghilangkan Ngantuk Yang Berlebihan



    Mengantuk adalah sesuatu hal yang biasa terjadi dalam kehidupan manusia, bahkan menjadi hal yang wajib terjadi sebelum tidur. Pada umumnya, ketika seseorang akan tidur, mengantuk adalah tahapan sebelumnya yang menghinggapi dan terjadi. Tanpa mengantuk, maka tak akan ada proses tidur, meski ada biasanya tidak akan memberikan kenikmatan. Seseorang yang tidur dan diawali oleh mengantuk berat terlebih dahulu, biasanya akan bisa tidur dengan lebih nyeyak dibanding dengan mereka yang tidur tanpa diawali dengan rasa ngantuk. Namun hal yang menjadi masalah ketika ada rasa ngantuk berlebih, sehingga akan lebih baik jika coba mencari tahu cara menghilangkan rasa ngantuk yang berlebihan.

    Mengapa Kita ‘Mengantuk’?

    Sebelum kita mengetahui beragam cara menghilangkan rasa kantuk seperti menghilangkan rasa ngantuk saat belajar, sevaiknya kita coba ketahui alasan mengapa rasa kantuk itu terjadi. Sebetulnya, rasa kantuk ini selalu berhubungan erat dengan menguap karena orang yang mengantuk pasti menguap namun tidak sebaliknya. Selain menguap, pada saat mengantuk, mata juga akan sulit terbuka, yang ada adalah mata sedikit terpejam. Lalu kenapa rasa kantuk ini terjadi? Nah, secara normal rasa kantuk ini muncul sebagai respon tubuh sebagai tanda bahwa otak dan tubuh kita butuh istirahat. Namun, jika rasa kantuk yang terjadi tidak normal, biasanya ada masalah-masalah lain yang menjadi penyebabnya.

    Tip Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk

    Nah, bagi anda yang sering mengalami rasa kantuk berlebih, berikut ini ada beberapa cara terbaik yang bisa anda lakukan dan terapkan. Cara-cara tersebut terdiri dari cara mudah sampai dengan cara yang lumayan butuh usaha untuk melakukannya.

    • Atur Pernapasan Anda

    Cara sederhana pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengatur pernapasan anda. Mengantuk biasanya berhubungan erat dengan menguap dimana fenomena itu terjadi karena asupan aliran darah dan oksigen ke otak tidak berjalan dengan lancar. Maka dari itu, agar bisa melancarkan kembali, maka salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur pernapasan dengan baik. Caranya, cari lokasi yang memiliki udara segar, tarik nafas sebentar lewat hidung lalu kemudian hembuskan melalui mulut.

    • Bergerak

    Salah satu faktor penyebab mengantuk adalah dikarenakan kurang gerak. Terlalu lama duduk, dan bersentuhan dengan tanah biasanya akan memudahkan kita untuk mengantuk. Nah, jika kita ingin menghilangkan rasa kantuk itu, maka salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mulai bergerak. Bergerak bisa bermakna beberapa hal termasuk mengganti posisi duduk, atau melakukan beberapa aktivitas lain yang bisa menggerakan tubuh anda karena dengan begitu, rasa kantuk anda bisa tertekan.

    • Minum Air Putih

    Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan minum air putih. Air putih mengandung oksigen yang sangat dibutuhkan oleh otak dalam memperlancar aliran darah di arteri. Anda bisa mengambil segelas air minum dan kemudian meminumnya pada saat anda mengalami masalah dengan rasa kantuk anda. Cara ini memang bisa menjadi salah satu solusi tepat dann banyak menghasilkan beragam hasil yang maksimal. Air putih juga memiliki banyak fungsi lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh.


    • Coba Ngemil Atau Makan Permen

    Cara selanjutnya yang bisa coba anda lakukan adalah dengan banyak ngemil makanan ringan atau mungkin sambil mengunyah permen karet. Hal itu setidaknya bisa meredakan rasa kantuk anda yang cukup mengganggu. Namun demikian, pastikan juga jenis cemilan yang akan anda konsumsi karena tidak semua baik untuk kesehatan anda. Begitupun dengan jenis permen karet yang akan anda konsumsi tersebut apakah baik dan aman atau tidak.

    • Istirahat (Tidur) yang Cukup

    Hal yang paling penting juga untuk anda lakukan adalah dengan menggunakan waktu tidur yang cukup. Pastikan anda tidur sesuai jadwal dan waktunya, jangan sampai terlalu banyak begadang karena itu tidak baik untuk kesehatan anda. Banyak yang sering mengantuk di siang hari saat belajar atau bekerja karena di malam hari mereka tidak tidur dengan cukup. Jika demikian, maka tidak salah jika sering mengantuk di siang hari.

    Nah, bagi anda yang tengah merasakan kantuk berlebih di siang hari dikala anda tak punya waktu untuk istirahat, maka sebaiknya anda pelajari beberapa cara diatas. Itu karena memang beberapa diantaranta telah terbukti bisa menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja, saat belajar atau lainnya.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    About Me